10 Penyebab Flek Coklat Sebelum Haid, Wajar tapi Harus Diwaspadai

flek-coklat-sebelum-haid flek-coklat-sebelum-haid

Sebagian perempuan mengalami tanda-tanda sebelum haid, misalnya muncul jerawat, nyeri di bagian perut bawah dan pinggang, sangkat muncul flek coklat. Seloyalnya, tanda-tanda itu cukup wajar karena adanya perubahan hormon dan pembuluh darah di dinding rahim yang membengkak. Namun, munculnya flek coklat sebelum haid kadang memang melancarkan khawatir.

Apakah flek coklat sebelum haid cukup Kebanyakan? Bahkan, flek semacam ini bisa menjadi tanda-tanda kehamilan, atau justru gejala penyakit. Melansir dari Hello Sehat, flek coklat sebelum haid bisa termasuk hal yang Kebanyakan, tapi ada pula yang mesti diwaspadai karena termasuk tanda penyakit berbahaya. Nah, apa saja penyebab flek coklat sebelum haid ini? Yuk, simak penjelasan berikut.

Penyebab flek cokelat sebelum haid yang Natural dan nggak perlu dikhawatirkan

Sebelum haid seringkali muncul tanda-tanda flek berwarna merah muda batas kecokelatan di celana dalam. Flek ini cukup Lumrah dialami perempuan sebelum haid jika disebabkan sebagian hal berikut;

1. Flek coklat balasan gejala PMS

Premenstrual syndrome (PMS) biasanya dialami perempuan menjelang haid. Sindrom ini ditandai dengan rasa nyeri di bagian perut bawah dan emosi yang naik turun. Nah, di situasi tersebut bisa muncul flek coklat yang membekas di celana dalam. Normalnya, flek ini jika disebabkan gejala PMS akan berlangsung 1-2 hari sebelum betul-betul keluar darah haid.

2. Sisa darah haid di periode sebelumnya

Flek cokelat sebelum haid bisa saja merupakan cairan keputihan yang rada tercampur darah tua sisa haid periode sebelumnya. Memasuki masa haid darah yang masih menempel di dinding rahim akan luruh lebih dulu, sehingga muncul flek coklat.

3. Flek coklat sebelum haid tanda kehamilan

Setelah proses pembuahan sel telur beres, bisa menyebabkan perdarahan implantasi yang menimbulkan flek coklat. Normalnya, flek ini berlangsung selama 1-2 minggu sehabis pembuahan. Hal ini cukup Wajar bagaikan tanda kehamilan. Namun, nggak semua dara mengalami tanda kehamilan berupa flek coklat.

Flek coklat yang termasuk tanda kehamilan biasanya diikuti tanda kehamilan lain seperti payudara terasa kusam dan kencang, lebih mudah lelah, sering buang air mini, mual dan muntah.

4. Efek pemasangan alat kontrasepsi

Alat kontrasepsi seperti pil dan spiral bisa menyebabkan efek samping berupa munculnya flek coklat. Pil yang dikonsumsi bisa memengaruhi hormon dan menyebkan flek coklat. Begitu juga dengan posisi spiral yang bergeser bisa menyebabkan minim pendarahan, sebatas muncul flek coklat. Namun, ini nggak berbahaya dan cukup normal dialami hawa atas awal pemakaian alat tersebut.

5. Perimenopause menyebabkan flek coklat

jika mengalami flek coklat di usia paruh baya atau sekitar 40-50an, biasanya merupakan gejala perimenopouse. Perimenopause senawak merupakan masa peralihan sebelum haid berhenti total atau menopause. Flek hitam ini bisa berlangsung belaka 1-3 hari, atau bisa seperti haid sampai 7 hari.

Flek coklat sebelum haid yang disebabkan gejala perimenopause biasanya diikuti gejala lain seperti suasana hati yang mudah Bertukar, sensasi panas dari dalam tubuh, mudah berHampaat di malam hari, sulit tidur, dan vagina Hampa.

Penyebab flek coklat sebelum haid yang bisa jadi tanda penyakit berbahaya dan patut diwasalai

Meski flek coklat sebelum haid atas kurang lebih kondisi cukup Wajar, tapi juga bisa jadi tanda suatu penyakit. Maka dari itu kemunculan flek coklat ini juga perlu diwasatasi. Berikut kurang lebih penyebab flek coklat yang berbahaya:

1. Cedera pada vagina

Flek coklat yang dibarengi rasa perih dan nggak nyaman untuk berjalan, bahkan duduk, bisa jadi karena adanya cedera vagina. Cedera ini bisa disebabkan karena aktivitas olahraga, seksual, sampai-sampai pemeriksaan dengan prosedur pap smear. Jika flek dan rasa perih berlangsung lebih dari 3 hari, maka mesti segera diperiksakan ke dokter sebelum terjadi cedera yang lebih parah, bahkan infeksi.

2. Gejala penyakit seksual menular

Jika flek coklat disertai bau tak sedap, kemungkinan disebabkan penyakit menular seperti klamidia atau gonore. Gejala ini juga disertai beberapa gejala lain seperti sensasi terbakar, perih, dan gatal pada vagina, nyeri pinggul dan keluar cairan yang nggak Kebanyakan.

3. Penyakit radang panggul

Salah satu kemungkinan penyebab flek coklat yang cukup berbahaya adalah peradangan panggul atau infeksi di jumlah organ reproduksi awewe seperti rahim, leher rahim (serviks), dan indung telur (ovarium).

Flek coklat yang kemungkinan disebabkan gejala radang panggul biasanya disertai darah kental coklat, perih saat berhubungan seks, keputihan nggak Global, perih saat buang air sendat , ngeri hebat pada panggul dan perut bawah, demam dan menggigil jika terjadi infeksi parah.

4. Gejala sindrom ovarium polikistik (PCOS)

PCOS merupakan penyakit yang disebabkan ketidakseimbangan hormon androgen dalam tubuh. penyakit ini bisa menyebabkan munculnya flek coklat di antara periode haid. Gejala ini juga disertai gejala lain seperti nyeri panggul, siklus haid berantakan bahkan nggak haid sepadan sekali, atau justru haid yang lama dan menyakitkan.

5. Kanker serviks

Flek coklat sebelum haid yang disebabkan karena gejala kanker serviks sesungguhnya cukup jarang terjadi. Biasanya flek juga disertai gejala lain seperti lara saat berhubungan, fase haid yang lama dan lara luar biasa, nyeri pada panggul, berat badan berkurang drastis, dan kelelahan tanpa sebab.

Nah, itulah kira-kira kemungkinan penyebab flek coklat sebelum haid yang cukup banyak dialami cewek. Meski kira-kira kondisi cukup Wajar, tapi tetap wajib diwasalai karena bisa jadi tanda penyakit berbahaya. Jika flek coklat berlangsung selama 1-2 minggu, disertai nyeri yang semakin parah dan bau tak sedap, maka lebih baik segera periksa ke dokter ya!