14 Manfaat Minuman Bersoda, Tak Hanya Untuk Dikonsumsi Saja

minuman-soda-tak-selamanya-bikin-gemuk-manfaatkan-saja-untuk-14-hal-berikut-ini minuman-soda-tak-selamanya-bikin-gemuk-manfaatkan-saja-untuk-14-hal-berikut-ini

Siapa di antara kita yang tak pernah minum coke atau cola? Rasanya yang manis dan rada pahit serta buih-buih soda yang menggelitik tenggorokan menciptakan sensasi tersenbatang tubuh ketika meminumnya. Namun sayang, gelontoran cola bukanlah gelontoran pulih yang dapat dikonsumsi setiap saat. Minuman ringan ini mengandung gula yang sangat agung yang jika terdahulu gemuk dikonsumsi bakal menimbulkan maluput kepulihan di kemudian hari. Selain obesitas, diabetes dan penyakit jantung bisa saja kamu derita jika kamu terdahulu gemuk mengonsumsinya.

Tapi kamu tak perlu khawatir. Selain diminum, coke atau cola juga dapat bermanfaat untuk hal-hal lain — bahkan hal-hal yang nggak kamu sangka-sangka! Berikut Hipwee paparkan sebagian di antaranya!

1. Berfungsi sebagai cairan pemapik toilet

Iya, isu itu benar. Asam yang terkandung dalam cola mampu menghilangkan noda membandel di toilet. Cukup dengan menuangkan sekaleng cola ke dalam closet, dahulu bungkamkan sekitar satu jam, kemudian sikatlah bagian-bagian yang celomok. Langkah terakhir, bilas menggunakan air ceria. Dijamin closetmu menjadi baru seperti semula.

2. Membeningkan noda darah dan cat pada pakaian

Mungkin noda membandel yang menempel di bajumu tak mempan jika cuma menggunakan deterjen saja. Tak ada khilafnya jika kamu menuangkan sebotol lumat cola, mencampurnya dengan deterjen berserupa pakaianmu. Zat karbon dan asam fosfor yang ada dalam regukan bersoda dapat mengangkat bergelimangan di pakaian.

Jika masih belum bisa, coba tuangkan cola ke bagian pakaian yang comot, kosongkan kurang lebih menit, lalu sikat dengan halus.

3. Membasmi serangga

Serangga memang penggemar berat cola, sama seperti manusia. Tanpa sadar mereka akan mengrada-radai aroma cola, dan meminumnya. Namun tanpa mereka kepahami, cola justru akan membunuh dan membinasakan mereka. Oh ya, pastikan kamu memsterilkan lemarimu lagi ya.

4. Mampu mengatasi permen karet yang menempel di rambut

Permen karet yang menempel di rambut memang sangat sulit dihilangkan, sungguhpun sudah keramas berkali-kali, permen karet yang ada tetap menempel. Namun kamu tak perlu khawatir, jika kamu mendapati adik atau siapapun yang sering dijahili teman-temannya dengan menempelkan gumpalan bekas permen karet di rambutnya, jangan buru-buru memotong rambutnya. Siramkan saja secercah cola ke rambut yang ada permen karetnya, diamkan beberapa menit, kemudian angkat. Hal yang sama juga bisa kamu coba di alas sepatu yang menginjak permen karet.

5. Meredakan remuk usai digigit lebah atau serangga lainnya

Kandungan dalam cola bisa meredakan rasa kusam yang disebabkan oleh gigitan serangga. Baik itu sengatan lebah, maupun ubur-ubur sekalipun! Oleskan saja cairan cola pada bagian tubuh yang digigit serangga.

6. Melunturkan karat

Jika kamu melepas baut yang terpasang imbas karat, kamu bisa menuangkan cola ke perabot-perabot tersebut, tunggu beberapa menit, dan cobalah untuk memutarnya kembali. Cola akan mengelupas karat dan melumasi baut engat memudahkan baut untuk dilepas kembali.

7. Memjernihkan dasar panci atau wajan yang coklat

Susah memapikkan dasar panci atau wajan yang cokelat meski sudah disikat berkali-kali? Cobalah untuk menuangkan tenggakan cola ke dalamnya, heningkan beberapa menit. Setelah itu, nyalakan kompor dan rebus cola di dalam wajan atau panci sampai mendidih. Angkat, kemudian sikat.

8. Melelehkan bongkahan es

Kulkas zaman sekarang memang sudah tebaru, hingga bisa mencegah timbulnya butiran-butiran es dalam lemari beku. Namun, jika rumahmu masih menggunakan lemari es jaman dulu yang sering menimbulkan butiran-butiran es hingga menggumpal menjadi bongkahan es yang ketat, kamu bisa saja menuangkan kola ke dalam peti es tersebut. Diamkan sejenak, dan lihat bunga esmu cair!

9. Membersihkan minyak di meja

Jika meja dapurmu kotor dan berminyak, cobalah tuang sececah cola ke atasnya, lampau usap menggunakan kain lap. Cola dapat mengusir minyak, sekaligus menghilangkan noda yang disebabkan oleh minyak. Bisa juga untuk menghilangkan noda ala kompor.

10. Hanya dengan merendam uang logam pada cola, karat-pun akan terkelupas

Kamu yang hobi mengoleksi uang logam pasti tak jarang dipusingkan dengan karat yang menempel pada kepingan uang logammu. Untuk mengatasinya, kamu dapat merendam kepingan uang kuno koleksimu kedalam cairan cola. Biarkan selama sejam, sebelum kemudian menyikatnya.

11. Mengatasi mual

Dalam perjalanan panjang tak heran jika kamu merasa mual karena ‘masuk angin’ cobalah minum sekaleng cola secara perlahan. Seperti dikutip dari Daily Mail, sebagian dokter di Amerika Serikat merekomendasikan para pasien yang mengalami gastric phytobezoar atau maalpa lambung tersumbat, untuk mengkonsumsi cola.

12. Mengatasi cegukan

Lelah dengan cegukan yang tiada henti? Minumlah segelas cola dengan Segera. Soda yang terkandung dalam regukan cola dalam membantu menghilangkan cegukan yang kunjung berhenti.

13. Mampu menyuburkan tanaman

Memang agak tinggi harga jika dibandingkan dengan membeli pupuk di toko pertanian. Namun jika kamu memiliki berbotol-botol minuman cola yang sudah basi, tak ada Melencengnya kamu gunakan untuk menyuburkan kebunmu. Selain bak pupuk, kola juga dapat digunakan bak pengusir serangga.

14. Cola juga bisa melaksanakan daging habis lebih empuk

Hitung-hitung untuk mengAkal gas dan meminimalisir durasi memasak, merendam daging dengan cairan cola dapat membantu melahirkan empuk daging. Kamu bisa merenadam daging selama semalam, atau langsung memasaknya berkembar cola yang digunakan untuk merendam.

Nah itu-lah kira-kira manfaat kola. Hipwee sarankan jangan terkemudian banyak konsumsi kola karena tak tidak marah untuk tubuh dan tulangmu.