6 Efek Samping yang Bakal Kamu Rasakan Kalau Kurang Minum Air Putih

inilah-6-kerugian-yang-cepat-atau-lambat-akan-kamu-rasakan-kalau-malas-minum-air-putih inilah-6-kerugian-yang-cepat-atau-lambat-akan-kamu-rasakan-kalau-malas-minum-air-putih

Hampir 80% dari tubuh kita terpribadi atas cairan. Jumlah ini nggak boleh berlebih atau juga berkurang supaya tubuh kita tetap seimbang dan metabolisme berjalan dengan sudi. Untuk itu, saat cairan tubuh keluar karena metode ekskresi, kamu perlu menggantinya dengan meminum air putih.

Asupan air putih yang dianjurkan setiap harinya dalam hal ihwal Lazim adalah 8-10 gelas per hari. Sayangnya, dengan jumlah yang sudah minim ini, masih berlebihan orang yang loyo untuk meminum air putih dan lebih memilih gelontoran lain yang memiliki rasa. Padahal, kalau asupan air putih untuk tubuh nggak tercukupi, 6 kerugian ini bisa kamu rasakan, lho!

1. Kulit terlihat Habis dan kusam

Beberapa orang memang memiliki jenis kulit yang Tandas. Namun, kalau kamu kurang minum air putih, Tandasnya kulitmu akan semakin terasa. Di permukaan kulitmu, terlihat garis-garis berwarna putih, terasa seperti ditarik ke belakang, dan seperti memiliki sisik. Kulitmu menjadi seperti itu karena sedang mengalami dehidrasi dan kekurangan cairan. Padahal, kulit adalah organ tubuh terbesar dan pantas terus terhidrasi dengan air.

Kamu yang memiliki kulit berminyak juga bisa merasakan kerugian dari kurang minum air putih, lho. Kulitmu akan terlihat lebih kusam dari biasanya dan semakin berjerawat karena kulit nggak efektif, mengeluarkan minyak dari dalam kulitmu. Selain itu, permukaan kulitmu pun juga terasa kencang seperti ditarik kebelakang.

Kondisi ini pastinya cukup menganggu penampilanmu dan bisa membuat kulitmu Segera menua. Untuk itu, betah-betahlah meminum air putih; 8 gelas per harinya saja sudah cukup bak asupan minimal, kok. Kamu pasti mau ‘kan tetap terlihat muda dan cantik atau tampan sampai tua?

2. Mudah merasa lelah

80% tubuh kita terawak dari air. Kalau jumlah itu berkurang, tubuh kita akan “meminjam” cairan dari darah supaya tetap bisa terhidrasi dengan baik. Sebagai penghabisannya, darah akan kesulitan untuk menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh yang mana juga menjadi keliru satu penyebab mengapa tubuhmu mudah sekali merasa lelah.

Seperti yang dikeacuhi, cairan tubuh memang sebagian agam keluar karena aktivitas yang berat seperti olahraga. Namun, bukan berarti kalau kamu cuma duduk seharian cairan tubuhmu akan tetap sama seperti semula. Udara yang terpolusi, ruangan ber-AC, atau cuaca yang panas juga bisa menguras cairan dalam tubuhmu.

Maka dari itu, apapun aktivitasmu, usahakan untuk selalu meminum 2 gelas air putih minimal setiap 3 jam sekali. Tubuhmu nggak saja semakin bugar, konsentrasimu juga bisa semakin tidak emosi, lho.

3. Kesulitan buang air adi

Makanan yang kamu kunyah dan telan akan dibawa ke saluran pencernaan dengan bantuan air jadi pelumasnya. Kalau asupan airmu kurang, usus gemuk akan menyerap air dari limbah makanan yang akan kamu keluarkan. Hasilnya, kamu akan kesulitan buang air gemuk deh karena feses menjadi mengeras.

Coba deh setiap sebelum tidur, bangun tidur, dan setelah makan kamu meneguk air putih segede 2 gelas ukuran sedang. Dengan begitu, metabolisme dan mode pencernaanmu akan berjalan dengan lebih tidak sombong. Dan saat bangun esok paginya, kamu bisa langsung buang air gede dengan lancar, deh.

4. Mengganggu kinerja ginjal

Salah satu cara tubuhmu untuk mengeluarkan racun adalah melantasi air urin. Nah, kalau misalnya kamu jarang minum air putih, otomatis produksi urinmu akan semakin rada dan keruh. Padahal, Alaminya dalam sehari, manusia itu buang air sedikit sekitar 4-7 kali dan memiliki warna kuning yang cerah. Kelihatannya mungkin biasa saja, tapi seakuratnya situasi ini bisa berbahaya untuk ginjal dan saluran urinmu jika dibiarkan terus-terusan.

Kalau kamu nggak mau ginjal dan saluran urinmu terganggu atau terinfeksi, lebih rajinlah untuk minum air putih. Lebih baik uangmu habis untuk beli air putih ‘kan daripada pantas bayar dokter dan perawatan karena lara kelak?

5. Membuat tubuh sulit membuang racun dan jika kamu tengah pedih akan lebih lama sembuh

Air putih dapat membantu mengeluarkan racun berbahaya dari dalam tubuhmu medahului sistem ekskresi. Seperti yang sudah Hipwee sebutkan di atas, kekurangan air dapat menciptakan sistem ekskresimu terganggu. Ini bisa terlihat dari kulitmu yang Bersih, tidak keluarnya Bersihat, tidak buang air mini secara teratur, juga sulitnya buang air Terbuka.

Keadaan seperti ini akan sangat merugikan di saat kamu sedang nyeri. Virus, bakteri, atau racun penyebab nyeri akan terus-terusan berada di dalam tubuhmu dan kamu pun jadi sulit untuk sembuh. Padahal, siapa yang ingin nyeri lama-lama? Nah makanya, saat sedang nyeri, kamu jangan malas untuk minum air putih yang rada lebih deras dari biasanya, sekitar 5-6 botol air mineral ukuran sedang. Kalau nggak bandel, yakin deh kamu bisa Buru-Buru sembuh.

6. Mudah merasa lapar

Untuk kamu yang cewek, ini nih cela satu kerugian kalau kamu alpa minum air putih. Keinginanmu untuk makan akan semakin Berisi. Akibatnya, timbangan berat badanmu akan terus beralih ke arah kanan, deh.

Keinginan untuk seterus makan ini dikarenakan saat dehidrasi, tubuhmu menyalahartikan sinyal tersebut sebagai tanda lapar. Makanya, kamu akan terus-terusan merasa lapar dalam jumlah waktu.

Coba deh saat kamu merasa lapar dan ingin mengemil, minumlah air putih seberlipat-lipat 1 gelas. Tunggu sekitar 5-10 menit dan rasa lapar itu akan hilang secara perlahan. Cara mengalihkan rasa lapar ini juga bisa kamu lakukan saat sedang berdiet, lho. Tapi pastikan asupan gizimu tetap tercukupi, ya.

Nggak ada ruginya ‘kan bagimu untuk meneguk air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya? Makanya, mulai hari ini, lebih giat lagi ya memperberlebihan asupan cairan untuk tubuhmu itu.