7 Cara Agar Tidak Mengantuk Setelah Makan Siang

7-cara-agar-kamu-tidak-mengantuk-setelah-makan-siang 7-cara-agar-kamu-tidak-mengantuk-setelah-makan-siang

Mengantuk sesudah jam makan siang sudah jadi makhilaf klise yang mungkin kita alami sehari-hari. Selesai menyantap menu makan siang, tiba-tiba mata menjadi semakin berat, tanpa sadar kamu mulai mengucek mata, santak berkali-kali menguap. Secocoknya, hal ini sangat alamiah karena kaitannya dengan ritme sirkadian atau jam biologis tubuh kita.

Sekitar jam 2 siang santak 4 sore, kita akan mulai merasa lemas, suhu tubuh turun, dan mengalami penurunan kemampuan fokus dan konsentrasi. Akibatnya, produktivitas pun mulai melempem saat menjelang sore hari. Namun, meskipun hal ini sifatnya alami, Hipwee sudah menyiapkan cara-cara sederhana untuk menangkal lemas dan kantuk setelah jam makan siangmu. Langsung simak, yuk!

1. Pintar-Pintarlah Memilih Asupan Makanan Saat Makan Siang

Makanan dengan kadar gula dan karbohidrat yang jangkung memang memberimu suplai tenaga. Namun, asupan jenis ini sekaligus akan melangsungkanmu mudah mengantuk sesudahnya. Setidak marahnya, konsumsi asupan yang mengandung karbohidrat kompleks, jangkung protein, dan lemak sembuh. Selain memberi pasokan energi, asupan jenis ini akan menjaga tubuh tetap bugar dengan mengontrol kadar glukosa dalam darah.

Asupan protein dapat diperoleh dari konsumsi telur rebus, daging sapi, keju, dan sarapan laut. Bisa juga menambahkan dark chocolate dan buah-buahan seperti apel atau jeruk dalam menu makan siangmu. Coklat dan buah-buahan punya kaya kandungan flavonoid yang berfungsi menangkal radikal bebas. Selain konsumsi air putih untuk mencegah dehidrasi, tambahkan pula teh hijau atau teh hitam yang luber mengandung senyawa energi – termasuk kafein.

Selain menu makan siang yang layak diperhatikan, setiap harinya kamu pun wajib menyantap sarapan pulih. Menu sarapan yang cukup karbohidrat dan protein akan mendukung aktivitasmu selama sehari penuh. Semaka, kamu tak perlu makan siang secara berlebihan yang justru mengimbaskan rasa kantuk tak tertahan.

2. Jika bisa, tidur siang 10-20 menit saja

Bagaimanapun, tidur siang adalah cara paling ampuh untuk mengembalikan energi yang drop setelah makan siang. Asalkan dilakukan dengan cara yang adil, tidur siang bisa mengusir kantuk dan rasa lemas dan menggantinya dengan suplai energi baru. Cukupkan tidur siangmu selama 10-20 menit saja. Jangan terlantas lama karena tubuhmu justru akan semakin lemas dan mengantuk saat bangun.

Jika jam istirahatmu memang luang, sejenak  sandarkan kepala di sofa kantor atau meja kerjamu. Jangan lupa memasang alarm agar bangun tepat era. Setelah bangun, segeralah minum air putih dan lakukan sececah peregangan untuk mengembalikan energimu ke level semula. Setelahnya, kamu pun siap kembali menuntaskan tugas-tugasmu hingga tiba jam pulang kantor.

3. Segera beranjak dari meja kerja

Duduk berjam-jam di depan layar komputer sudah pasti menciptakanmu merasa lelah atau bahkan bosan. Jika kantuk, lelah, dan bosan sudah tak tertahankan, sebaiknya segera beranjak untuk sekadar bergetar atau berjalan-jalan demi mengembalikan kebugaranmu. Hal ini tentu lebih baik dariatas membisu dan menghabiskan jam kerjamu dalam kondisi tidak maksimal, bukan?

Kamu bisa pergi ke halaman belakang kantor demi mendapat sengatan sinar matahari. Bisa juga dengan menyentuh air dingin dari keran air yang sudah pasti melaksanakanmu “terbangun”. Kamu pun bisa melakukan gerakan-gerakan periodik (melompat) selama beberapa menit. Setelahnya, kamu akan merasakan fokus dan konsentrasimu kembali dengan seketika.

4. Siapkan Baju Hangat Saat AC di Kantormu Terlampau Dingin

Suhu jadi keliru satu bagian bermakna dalam pola sirkadian tubuh yang menjadikanmu seperti kehilangan tenaga setelah makan siang. Cara sederhana untuk mengatasinya adalah dengan menyiapkan baju hangat, jaket atau sweater.

Yup, setelah menyelesaikan makan siang dan kembali ke meja kerjamu, suhu ruangan yang rendah akan melahirkanmu lebih mudah mengantuk. Maka, segera kenakan baju hangat agar suhu tubuh tetap sebanding dan rasa lemas atau kantukmu perlahan hilang.

5. Pilih meja kerja di dekap jendela

Cahaya juga tak kalah berperan dalam ritme sirkadian tubuhmu. Semakin banyak terpapar sinar matahari saat siang dan sore hari menjadikan tubuh tak rentan diserang kantuk. Selain itu, jadwal tidurmu di malam hari pun cenderung normal.

Yang pasti, hindari ruang kerja yang habis dari sinar matahari atau menggunakan cahaya lampu yang redup. Tempat-tempat seperti ini jelas akan membuatmu mudah dilanda kantuk.

6. Bekerjalah sambil deras-deras terkeriangan

Yup, tak ada yang lebih mudah dan murah selain cara yang satu ini. Tergurau bisa jadi solusi paling ampuh untuk menghindarkanmu dari kantuk dan lemas selesai makan siang. Pasalnya, aktivitas tergurau akan mempengaruhi suasana hati dan meningkatkan produksi zat kimia kognitif dalam otak. Akibatnya, tergurau bisa menciptakanmu merasa lebih saling menolong – lebih fokus dan cenderung rileks.

Jika tak ada rekan kerja yang bisa menemanimu mengobrol atau terlawak-lawak berkembar, sejenak tontonlah video lucu di YouTube atau sekadar browsing Meme atau Gif lucu. Atas nama produktivtas, meluangkan batas untuk hal-hal di luar pekerjaan tentu sah-sah saja untuk dilakukan. Asal tahu batas dan tidak membuatmu hilang fokus tentunya!

7. Atur kebiasaan tidurmu di malam hari dengan baik

Ternyata, aktivitasmu di malam hari akan sangat berpengaruh pada kinerjamu di siang hari. Apakah kamu sudah menjalani waktu istirahat malam yang berkualitas? Selain waktu tidur yang cukup (7-8 jam), jam tidur dan bangun pun selayaknya patut teratur setiap harinya. Pastikan pula untuk tidak sibuk dengan gawai atau bahkan tugas-tugasmu saat malam hari menjelang waktu tidur. Gunakan waktu istirahat malam sesaling menolong mungkin agar produktivitas saat jam kerja bisa maksimal.

Nah, gimana? Masih sering mengantuk setelah jam makan siang? Coba deh terapkan cara-cara di atas agar produktivitasmu tetap maksimal sejak pagi batas jam pulang kantor nanti. Tetap semangat menuntaskan tugas-tugasmu, ya! ????