5 Cara Mudah Mengatasi WiFi Android Tidak Bisa Tersambung

wifi tidak tersambung wifi tidak tersambung

Ada kalanya terjadi beberapa kendala pada perangkat Android kamu, misalnya perangkat yang tiba-tiba tidak bisa tersambung dengan WiFi terdekat. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas apa saja cara mengatasi WiFi Android tidak bisa tersambung atau Connect.

Padahal, menggunakan WiFi memiliki manfaat yang lebih banyak daripada menggunakan kuota internet biasa untuk berselancar di dunia maya. Karena itu, masalah perangkat Android kamu yang tidak bisa tersambung dengan WiFi harus segera diatasi. Berikut cara cepat dan mudah yang telah kami rangkum.

5 Cara Mengatasi WiFi Android Tidak Bisa Tersambung

Beberapa cara mengatasi perangkat Android yang tidak bisa tersambung dengan WiFi ini bisa kamu ikuti dengan mudah dan cepat. Yuk, langsung saja ke tahapan-tahapannya!

  1. Coba Restart HP Android Kamu

Untuk cara pertama, kamu bisa coba memulai ulang atau restart HP Android kamu. Cara ini bisa membantu untuk mengatasi berbagai error ringan yang muncul pada HP, salah satunya masalah pada WiFi yang tidak bisa tersambung.

Jika kamu sudah yakin bahwa tidak ada kendala pada jaringan WiFi yang ingin kamu gunakan, maka kamu bisa menggunakan cara ini untuk mengatasi masalah yang muncul di HP.

Setelah error ringan teratasi, maka HP Android kamu bisa langsung tersambung dengan WiFi. Jika masih belum teratasi, kamu bisa mencoba cara selanjutnya.

  1. Pastikan Pengaturan Waktu dan Tanggal Sudah Tepat

Selanjutnya, kamu bisa memastikan pengaturan waktu dan tanggal sudah sesuai atau belum. Karena pada beberapa kasus, pengaturan tanggal dan waktu yang tidak sesuai dapat membuat perangkat tidak bisa tersambung pada WiFi.

Untuk mengaturnya, kamu bisa mengikuti tutorial berikut ini.

  • Buka menu Pengaturan pada HP Android kamu
  • Pilih pada Sistem > Tanggal & waktu
  • Kemudian centang pada pilihan “Tanggal & waktu otomatis” agar pengaturannya dapat menyesuaikan secara otomatis

Setelah pengaturan tanggal dan waktu berhasil disesuaikan, kamu bisa mencoba menyambungkan HP kamu dengan WiFi yang ingin digunakan.

  1. Hapus Cache pada Pengaturan WiFi

Jika HP Android kamu tidak bisa tersambung dengan WiFi dan tidak muncul icon WiFi pada Notifikasi Bar, kamu bisa menggunakan cara yang satu ini.

Caranya yaitu dengan menghapus cache pada memori Android, khususnya untuk pengaturan WiFi. Untuk menghapus cache ini tentu sangat mudah, berikut tahapan-tahapan yang bisa kamu ikuti.

  • Buka menu Pengaturan
  • Pilih pada Aplikasi > Manajemen aplikasi > Pengaturan Wi-Fi
  • Tap pada Hapus cache

Setelah cache terhapus, maka kamu bisa menyambungkan kembali HP Android dengan WiFi.

  1. Melalui Fitur “Lupakan Jaringan”

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan fitur Lupakan Jaringan. Melalui fitur ini, nantinya WiFi yang telah tersimpan akan terhapus. Caranya juga sangat mudah, kamu bisa ikuti beberapa tahapan berikut ini.

  • Buka menu Pengaturan > WiFi
  • Tap lama pada nama hotspot, kemudian akan muncul beberapa opsi
  • Pilih opsi Lupakan Jaringan Ini atau Forgot Network

Nah, setelah melalui tahapan tersebut, kamu bisa login kembali ke jaringan WiFi tersebut dengan memasukkan password yang tepat.

  1. Menonaktifkan Antivirus di HP Android

Jika beberapa cara di atas masih belum mengatasi masalah WiFi yang tidak bisa tersambung, kami berikan satu lagi cara yang bisa kamu coba.

Kalau kamu menggunakan aplikasi antivirus pada HP, maka bisa jadi aplikasi inilah penyebab dari masalah tersebut.

Menggunakan antivirus memang sangat berguna untuk melindungi sistem perangkat, namun terkadang aplikasi ini dapat memblokir jaringan internet dari WiFi yang tidak dikenal.

Nah, coba kamu nonaktifkan terlebih dahulu atau menghapus aplikasi antivirus yang kamu gunakan. Setelah itu, kamu bisa me-restart HP dan menyambungkan kembali ke jaringan WiFi yang ingin kamu gunakan.

Bagaimana? Cara-cara tersebut sangat mudah, bukan? Beberapa sistem pengaturan bisa berbeda-beda di setiap perangkat. Tapi tenang, cara yang kami tulis di atas merupakan tahapan yang dasar dan mudah, sehingga perbedaannya tidak akan besar.

Itu dia 5 cara mengatasi WiFi Android tidak bisa tersambung atau Connect yang bisa kamu ikuti dengan mudah dan cepat tanpa perlu ribet!