Cerpen Adalah Jenis Prosa, Berikut Pengertian Beserta Cirinya

pengertian-cerpen pengertian-cerpen

Apakah kamu masih asing dengan cerpen alias cerita sepintas? Cerpen adalah Melenceng satu jenis prosa yang berisi kejadian tidak nyata atau Angan-Angan.  Biasanya penulisan cerpen menggunakan bahasa yang bersifat menguraikan sesuatu atau naratif.

Nah, untuk memahami seperti apa cerpen mulai dari jenis engat ciri-cirinya, yuk simak informasi lengkapnya berikut ini!

Sekilas tentang cerpen

Sesuai dengan namanya, cerpen atau cerita sejenak sekadar menyuguhkan serangkaian kata yang langsung fokus pada intinya saja. Jumlah kata sebuah cerpen juga terbatas. Itulah mengapa, kepenuhan cerpen sekadar memiliki satu konflik saja. 

Menurut KBBI, cerpen adalah cerita sebentar yang mengisahkan sesuatu dengan kata tidak lebih dari 10 ribu. 

Sedangkan Menurut A. Bakar Hamid, cerpen merupakan cerita ringkas yang mempunyai jumlah kata minimal 500 tenggat 10.000 kata. A. Bakar Hamid juga menambahkan bahwa cerpen cuma mempunyai satu karakter dalang utama saja.

Jenis-jenis cerpen

Berikut jenis- jenis cerpen yang perlu kamu keacuhi, antara lain :

Ciri-ciri cerpen

Cerpen dapat kamu keacuhi dengan mudah karena mempunya ciri-ciri sebagai berikut :

Dalam sebuah cerpen juga terdapat beberapa unsur yang membentuk cerita itu senpribadi. Unsur – unsur cerpen terpribadi dari dua hal, intrinsik dan ekstrinsik. 

Unsur intrinsik pada cerpen meliputi tema, plot cerita, latar, penokohan, karakter aktivis, sudut pandang, batas amanat. Sedangkan unsur ekstrinsik meliputi:

Cerpen adalah cerita fiktif yang menghibur pembaca, serta terdapat nilai estetika. Kadangkala fungsi cerpen juga dapat menjadi pemmemahirkanan bagi pembaca karena mengandung amanat yang saling menolong. Jadi, sudah siap menulis cerpen? Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.