Manfaat Minum Air Hangat Setiap Hari

gambar tersebut menjelaskan tentang manfaat minum air hangat gambar tersebut menjelaskan tentang manfaat minum air hangat

Manfaat Minum Air Hangat Setiap Hari

Setelah seharian berpanas-panasan di bawah terik sinar matahari, sebotol air dingin terdengar seperti ide yang bagus. Minum sekaleng soda dari lemari es atau memesan minuman dingin juga terdengar seperti solusi yang tepat. Di Indonesia, kita hampir selalu minum minuman dingin dan bukan hanya di hari yang panas, tetapi juga saat makan di luar, teman makan popcorn di bioskop, atau saat memesan minuman tertentu di kafe.

Namun, kebiasaan ini ternyata tidak berlaku di Cina. Ketika kita menerima air putih dingin saat memesan makanan di warung makan, di Cina Anda akan mendapatkan secangkir teh panas yang uapnya masih mengepul. Bahkan, saat cuaca panas terik, orang Cina masih membawa termos berisi air panas ke mana-mana.

Menurut pengobatan Tiongkok kuno, minum segelas air hangat di pagi hari membantu memulai sistem pencernaan. Suhu dari air panas dan air hangat konon membantu aliran darah. Saat sirkulasi darah Anda meningkat, hal tersebut akan membantu detoksifikasi pada tubuh dan mengurangi kontraksi otot yang menyakitkan. Sakit tenggorokan? Minum air hangat. Kram karena menstruasi? Berhenti minum minuman dingin dan beralihlah ke air panas. Sebaliknya, air dingin memperlambat fungsi organ dan menyebabkan otot berkontraksi.

Beberapa orang Cina juga percaya bahwa Anda tidak boleh makan makanan yang panas bersama air dingin, karena hal ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan suhu di dalam tubuh.

Menurunkan Berat Badan

Semua orang ingin tetap bugar. Oleh karena itu, mereka merasa perlu untuk mempertahankan berat badan ideal. Minum air hangat di pagi hari meningkatkan suhu tubuh dan metabolisme. Air hangat memecah timbunan lemak di dalam tubuh sehingga mempercepat proses pembakaran lemak, yang pada akhirnya memungkinkan tubuh untuk membakar lebih banyak kalori. Untuk menambah rasa pada air putih yang hambar, Anda juga bisa menambahkan sedikit air lemon ke dalamnya. Air lemon hangat menghilangkan keasaman dan racun yang tersimpan dalam tubuh sehingga membantu menurunkan berat badan.

Sirkulasi Darah Lebih Baik

Setiap kali kita makan dalam sehari, lemak dan toksin menumpuk di tubuh. Minum air hangat setiap pagi membantu membersihkan racun ginjal dan timbunan lemak di usus melalui air seni. Hal ini membantu meningkatkan sirkulasi darah.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dan Pencernaan

Banyak orang mengalami masalah pencernaan karena diet yang ekstrem. Namun, minum air hangat sebelum dan selama makan akan membantu memecah makanan lebih cepat. Hal ini membuat pencernaan Anda lancar. Air hangat mengandung nol kalori. Jadi, jangan takut mengonsumsi air hangat secara rutin meski tetap harus dalam jumlah yang disarankan.

Mengobati Hidung dan Tenggorokan Tersumbat

Saat udara dingin, banyak orang menderita hidung tersumbat. Minum air hangat dengan madu di malam hari biasanya ampuh mengurangi gatal dan radang tenggorokan. Untuk membersihkan dahak dari sistem pernapasan, Anda bisa berkumur dengan air hangat yang mengandung sedikit garam. Minum air hangat yang dicampur perasan lemon juga membantu mengurangi hidung tersumbat. Lemon mengandung vitamin c yang berfungsi untuk melawan virus penyebab hidung tersumbat.

Bebas dari segala masalah rambut

Sebagian besar orang memiliki masalah pada rambut mereka. Minum air hangat mengaktifkan saraf di akar rambut sehingga peredaran darah menjadi cepat dan aktif. Akibatnya, rambut akan menjadi lembut dan berkilau. Air hangat juga melawan dehidrasi, menghilangkan ketombe dan melembabkan kulit kepala.

Mencegah Penuaan Dini

Seperti yang kita semua tahu, hampir semua masalah kulit disebabkan oleh pencernaan yang buruk. Minum air hangat membuat pencernaan kita lebih lancar dan memperbaiki sel-sel kulit. Air hangat juga meningkatkan elastisitas kulit dengan cara melepaskan racun dari tubuh. Selain itu, air hangat mencegah tumbuhnya jerawat dan penuaan dini.

Mengurangi Sembelit dan Sakit Perut

Masalah kesehatan yang paling umum dihadapi adalah masalah perut, entah itu karena faktor keturunan atau karena kebiasaan makan. Namun, minum air hangat bisa melegakan sakit perut Anda. Sembelit terjadi karena tubuh kekurangan air. Jika Anda minum air hangat di pagi hari saat perut masih kosong, pergerakan pada usus akan meningkat sehingga membantu makanan melewati usus dengan lancar, tanpa rasa sakit.

Tubuh kita membutuhkan setidaknya 2,5 hingga 3 liter air setiap hari. Dari jumlah tersebut, setengah diserap oleh ginjal dan sisanya oleh kulit, paru-paru dan usus.